PORTAL DAERAH

Ketangguhan Bawaslu Banyuwangi Diuji, Akankah Teruji?

Banyuwangi – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Beberapa hari terakhir ini di Banyuwangi banyak Calon Legislatif ( Caleg ) bermunculan karena merasa dirugikan atas dugaan hilang dan berubahnya hasil suara yang meraka dapat. Tak sedikit dari para caleg tersrbut mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum ( BAWASLU ) kabupaten Banyuwangi.

Beberapa caleg berbondong – bondong datang bersama tim pemenangannya ke kantor yang memang dianggap tepat karena memang tugas da tanggung jawabnya di pemilihan umum yang sudah berjalan di bulan Februari 2024. Caleg yang datang pun mengadukan adanya indikasi kecuragan atas hasil suara yang mereka dapat.

Perlu kita tarik kebelakang, persoalan sengketa pemilu di Banyuwangi Dalam sidang ketiga yang dilaksanakan secara daring pada Senin Sore (15/02) Mahkamah Konstitusi akhirnya memutus perkara perselisihan hasil pemilihan dengan nomor 87/PHP.BUP-XIX/2021 permohonan pemohon tidak diterima. Jadi, para caleg harus benar – benar memiliki bukti yang kuat, tidak sekedar karena amarah sekejap saja.

Tak hanya para caleg yang merasa dirugikan atas dugaan ketidaksesuaian hasil suara, namun penulis meyakini bahwa masyarakat luas ingin melihat ketangguhan Bawaslu dalam menindak tegas bagi para pelanggar, dimana yang sudah termaktub dalam Undang – Undang Pemilu yang sudah ada.

Bawaslu Banyuwangi khususnya, kini diuji nyali dan ketegasannya. Berdasarkan aduan maupun laporan para pihak yang sudah hadir, apalagi berdasarkan keterangan di media sosial para caleg dan timnya ini memiliki bukti yang kongrit dan kuat.

Undang – Undang Pemilu utamanya persoalan pidana pemilu jangan sampai hanya sebagai pajangan yang hanya ada dalam bentuk tulisan serta dibaca saja. Namun Bawaslu harus dengan tegas dan berani menjalankan atau menerapkannya. Bawaslu bukan milik partai, Bawaslu bersama rakyat.

Semua elemen masyarakat patut sekiranya merapatkan barisan dan mendeklarasikan diri untuk mendukung Bawaslu Banyuwangi dalam menjaga integritas, kredibilitas, dan kondusifitas. Jangan sampai Bawaslu juga terindikasi ” Virus ” pemilu 2024.

Wajah hasil pelimu 2024 ( Pileg, Pilpres ) di Banyuwangi tergantung seberapa tegas dan ter ujinya Bawaslu Banyuwangi dalam menyikapi persoalan yang memang sudah ada bukti yang kuat. Bawaslu Banyuwangi bermartabat bersama rakyat.

Veri Kurniawan S.ST., S.H ( FORUM ANALISIS KEBIJAKAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH/ FOSKAPDA). /pewarta//erni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button