PORTAL DAERAH

Pemkab Barsel Distribusi Bantuan Pangan CBP Tahun 2024 Ke KPM

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaunching program bantuan pangan beras pada hari Selasa 30 Januari 2024 di Gudang Bulog Buntok Cabang Muara Teweh oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel H.Deddy Winarwar yang diwakilkan oleh Asisten II Rahmat Nuryadin, Kepala Bulog Sutaryo, Pimpinan PT. POS Indonesia, serta jajaran pejabat lingkup Pemerintahan Kabupaten Barsel. Bertempat di halaman Kantor Bulog Cabang Buntok.
Selasa, (30/01/2024)

Penyaluran bantuan pangan adalah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sekaligus sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangn pangan dan mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi.

Adapun penerima bantuan pangan Cadangan Bantuan Pemerintah (CBP) Barsel tahap I sebanyak 5.746 Kepala Keluarga (KK) di 3 (tiga) Kecamatan yang ada di Barsel. Kecamatan Jenamas sebanyak 655 Kepala Keluarga (KK).
Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 872 Kepala Keluarga (KK) dan Kecamatan Karau Kuala sebanyak 856 Kepala Keluarga (KK).

Sambutan Penjabat (Pj) Bupati Barsel
H.Deddy Winarwan yang disampaikan Asisten II Rahmat Nuryadin berdasarkan Undang-undang nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, pengelolaan cadangan pangan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keterjangkauan pangan, baik dari aspej fisik maupun ekonomi. Penyelenggara cadangan pangan dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pangan, gejolak harga pangan dan keadaan darurat. Disini peran Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah, untuk menangani Stunting serta mengurangi kemiskinan ekstrim.

Tujuan penyaluran cadangan pangan Pemerintah untuk pemberian bantuan pangan adalah mengurangi beban pengeluaran bagi mereka penerima bantuan pangan dengan sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan seperti, kemiskinan, Stunting, gizi buruk serta keadaan darurat serta melindungi produsen dan konsumen, fluktuasi harga, dan juga mengendalikan dampak inflasi.

Asisten II melanjutkan sambutan Pj Bupati bahwa penyaluran beras ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah kepada masyarakat dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan. Pemkab Barsel dalam menyalurkan program Cadangan Pangan Pemerintah untuk memberikan bantuan pangan tahun 2024 ini, kita Pemkab Barsel menerima bantuan pangan dari Pemerintah Pusat melalui BAPANAS yang disalurkan melalui Bulog sebagai penyedia beras dan PT. POS sebagai
transporter.

Rahmat Nuryadin menambahkan terima kasih kepada Bulog cabang pembantu Buntok dan PT.POS Indonesia Buntok, dan juga Dinas Sosial PMD serta Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan yang telah bekerja sama dan bergerak cepat dalam melaksanakan kegiatan ini. Dimana bantuan ini akan disalurkan di bulan Januari 2024 ini, sehingga saya berharap tingkat kesejahtraan masyarakat bisa kebih baik.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bulog Sutaryo menyampaikan saat ini kita ada titipan beras premium dari Dinas Prov Kalteng untuk disalurkan ke GPM dititik penjualan dan untuk itu kita menunggu lebih lanjut.untuk stok daging kerbau beku kita ada 3,4 Ton dengan harga perkilo nya 90.000,- .

“Alhamdulilah untuk cadangan Pemerintah tahap I perbulan untuk penerima manfaatnya di Barsel kurang lebih 5.746 KPM dan per KPM atau perjiwa 10 kilo perbulan”, ucap Sutaryo.

Sutaryo menambahkan semoga penyaluran bantuan pangan ini dapat membantu masyarakat penerima dalam pemenuhan kebutuhan pokok beras untuk meringankan keperluan sehari-hari.

Pewarta : Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button