PORTAL DAERAH

Wisata Pulau Merah Banyuwangi Dipenuhi Sampah Kiriman Akibat Musim Angin Barat, Seperti Ini Kondisinya

Banyuwangi-COBRA BHAYANGKARA NEWS

Kiriman sampah menumpuk di Wisata Pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sampah jenis kayu, daun dan plastik itu terdampar di sepanjang bibir pantai dan sangat merusak pemadanga di wisata andalan Kabupaten Banyuwangi.

Tumpukan sampah tersebut terjadi karena musim angin barat sehingga kiriman sampah dari laut berserakan di sekitar bibir pantai Pulau Merah pada Jum’at pagi (12/1/2024)

Rakeh selaku Ketua Pokmas Pantai Pulau Merah mengaatakan sebagian sampah yang terdampar di bibir pantai sudah diupayakan untuk dilakukan pembersihan.

Kegiatan pembersihan pun dilakukan bersama masyarakat, pedagang, dan pegiat wisata Pantai Pulau Merah.

“Pembersihan sampah menggunakan peralatan seadanya dengan diangkut menggunakan kendaraan roda tiga,” ujarnya.

Rakeh mengaku kondisi hujan disertai angin ini menjadi salah satu faktor banyaknya sampah yang terbawa sampai ke area bibir pantai.

Musim angin barat ini pun memang sering terjadi dan dampaknya banyak sampah yang terbawa dari tengah laut terdampar di tepi pantai.

Meskipun demikan, pengelola wisata Pantai Pulau Merah harus siap membersihkan sampah agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung wisata.

Sementara itu belum bisa dipastikan berapa ton jumlah sampah ranting kayu, plastik, dan lain sebagainya yang ada di wisata tersebut.

Namun diperkirakan untuk pembersihan ini membutuhkan kendaraan truk untuk mengangkut sampah agar terhindar dari tumpukan sampah sepanjang pantai.

Nurhadi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button