PORTAL DAERAH

Kunker Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Di DP3KBP3A Kabupaten Barsel.

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Kesehatan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke DP2KBP3A Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Agenda pertemuan diselenggarakan di Aula DP2KBP3A . Senin (10 / 1 / 2024).

Selain sebagai ajang silaturahmi, kunjungan ini juga menjadi momen penting untuk menyampaikan pagu anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Tahun Anggaran 2024.

“Untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Barsel, dengan adanya tambahan dana 67 680 juta untuk bantuan operasional Sub menu Keluarga Berencana 57% adalah masuk pada Tezing Stunting, sejatinya itu hampir semua Program dana tersebut mengarah kepada percepatan penurunan stunting lewat Penyelenggaraan Program Pembangunan Keluarga,
Dalam paparan yang disampaikan, Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, didampingi oleh Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Kepala Badan, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Barito Selatan, memberikan gambaran komprehensif terkait alokasi dana dan rencana kegiatan di bidang Keluarga Berencana.

Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan bagian dari Tugas Pembantuan dan Dana Darurat (TPDD) dengan tujuan utama untuk mendanai program kegiatan serta mendukung kebijakan tertentu yang dianggap sebagai prioritas nasional. Penentuan alokasi ini dilakukan secara cermat oleh Pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) menjadi fokus utama dalam kunjungan kerja ini. Harapannya, melalui BOKB, akan terwujud dampak positif yang langsung terasa dalam pencapaian target, terutama dalam penanganan stunting. Program ini juga diharapkan dapat mendukung operasionalisasi layanan publik, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Strategis (Renstra) BKKBN Tahun 2020-2024.

Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui keluarga berencana. Acara diakhiri dengan kesepakatan bersama untuk terus berkolaborasi dalam menjalankan program-program yang mendukung pembangunan dan kesejahteraan keluarga di wilayah Barito Selatan,”ucapnya.

Pewarta : Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button