Uncategorized

Hari Pertama Masuk Sekolah, KBM Berjalan Efektif.
Tanpa Masker

Banyuwangi.Cobra_Bhayangkaranews.co.id 4 Jan 2023.

Tanpa Masker:
Hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang, siswa SDN Kepatihan langsung menjalani pembelajaran seperti biasa, Senin 2 Jan 2023.

” Dicabutnya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) direspons cepat oleh dunia pendidikan. Siswa jenjang SD, SMP, dan SMA mulai kemarin sudah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebagaimana mestinya. Mereka masuk sekolah setelah menjalani libur panjang Nataru.

Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka. Sebagian murid dan guru tak lagi sepenuhnya memakai masker sejak PPKM tak lagi diberlakukan. ”Hari pertama masuk, siswa langsung efektif menjalani pembelajaran. Tidak ada lagi penyesuaian seperti sebelumnya. Siswa bisa langsung mengikuti KBM,” kata Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Banyuwangi Sutikno.

Menurut Sutikno, dengan dicabutnya PPKM, sekolah lebih cepat melakukan penyesuaian KBM. Tidak harus menyiapkan beberapa skenario pembatasan siswa karena harus menyesuaikan dengan status level PPKM. Kali ini pelaksanaan KBM bisa langsung dilakukan dengan normal.

”Hari pertama masuk sekolah, saya langsung cek ke beberapa sekolah di wilayah kota Banyuwangi. Semua sekolah langsung melaksanakan pembelajaran secara efektif,” imbuhnya

Selain melihat aktivitas pertama masuk sekolah, Sutikno juga melihat rekap absensi guru. Sama seperti siswa, guru diharapkan bisa langsung aktif mengajar sejak hari pertama. ”Masih direkap, nanti kita lihat ada berapa jumlah guru yang masuk dan tidak. Kalau ketahuan bolos, akan ada teguran dari sekolah dan hukuman disiplin,” tegas Sutikno.

Terkait protokol kesehatan, tidak lagi ada pengetatan setelah PPKM dicabut. Siswa bisa mengikuti pembelajaran seperti era normal. Penggunaan masker bukan lagi menjadi kewajiban seperti sebelumnya. Mengenakan masker hanya sebagai langkah preventif. ”Tidak diwajibkan (penggunaan masker), apalagi setelah pencabutan PPKM. Kami berharap sekolah tetap berkoordinasi dengan puskesmas untuk memantau kondisi siswa,” kata Sutikno.

( Nurhadi )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button