PORTAL HUKUM

Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Diusut Polres Jember, 3 Kades Disebut Terlibat

Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa Diusut Polres Jember, 3 Kades Disebut Terlibat

Jember // COBRA BHAYANGKARA NEWS

Jember – Satreskrim Polres Jember tengah mengusut kasus dugaan korupsi dana desa yang melibatkan tiga kepala desa (kades).

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi menyebut bahwa kasus tersebut statusnya sudah naik ke penyidikan.

“Dari proses penyelidikan selama tiga bulan ini. Ada setidaknya tiga desa yang akan naik dari lidik ke sidik. Dugaannya adalah penggunaan dana desa yang tidak sesuai,” beber Bayu saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (20/8/2024).

Namun, Bayu masih belum membeberkan dari mana tiga kepala desa tersebut.

“Untuk nama desanya akan kami sampaikan lebih lanjut. Karena prosesnya sedang berjalan dan masih pendalaman,” sambungnya.

Menurut Bayu, terungkapnya kasus dugaan korupsi dana desa ini berawal dari adanya dugaan penggunaan dana desa sebesar Rp450 juta untuk proyek pembangunan fisik desa.

“Penggunaan dana desa sebesar Rp450 juta seharusnya untuk pembangunan fisik. Ini yang sedang kami proses dan nanti akan kami kabarkan lebih lanjut,” tambahnya.

Penggunaan dana desa itu kemudian diusut, lantaran tidak ditemukan bangunan fisiknya.

“Jadi memang tidak ada (bentuk bangunannya). Sehingga masyarakat tidak merasakan manfaat keberadaan dana desa itu,” terang Bayu.

Dia juga menegaskan bahwa penyidikan terhadap kasus ini tidak ada kaitannya dengan Pilkada Jember 2024 yang beberapa bulan lagi digelar

WAKAPERWIL.(RUDI H)
pewarta (SELAMET DION)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button