PORTAL HUKUM

Rutan Buntok Gandeng LBH Barito Terbit Gelar Penyuluhan Hukum : Mari Tingkatkan Tekad Yang Kuat, Sekali Terjerumus Masalah Hukum Jangan Jatuh Kelubang Yang Sama

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Sebanyak 14 (empat belas) tahanan dan 16 (enam belas) narapidana Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Buntok Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalimantan Tengah mendapatkan penyuluhan hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Barito Terbit yang diselenggarakan di Aula Rutan Buntok, Selasa (28/2/2024).

Penyuluhan ini merupakan tindak lanjut atas perjanjian kerja sama antara Rutan Buntok dengan LBH Barito Terbit yang telah berjalan dengan baik, dalam menyediakan bantuan hukum kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang membutuhkan bantuan hukum namun tidak mampu. Penyuluhan hukum disampaikan terkait syarat-syarat bagi penerima bantuan hukum secara gratis.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Rutan Buntok (Sinardi) dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan (Indra Surayana) dan dilanjutkan dengan peyuluhan oleh Direktur LBH Barito Terbit (Susilayati).

Indra Suryana memberikan pesan kepada WBP agar tidak takut untuk menggunakan lembaga bantuan hukum dalam menyelesaikan perkara. Karena pemerintah telah menyediakan bantuan hukum secara gratis melalui Lembaga Bantun Hukum. LBH Barito Terbit adalah Lembaga Bantuan Hukum yang telah bekerja sama dengan Rutan Buntok.

Susilayati menyampaikan tema penyuluhan hukum kali ini adalah “Mari Tingkatkan Tekad Yang Kuat, Sekali Terjerumus Masalah Hukum Jangan Jatuh Kelubang Yang Sama”.

Melalui tema ini disampaikan bahwa penyuluhan hukum ini sangat penting untuk memberikan pemahaman hukum yang holistik kepada tahanan dan narapidana. Dengan pengetahuan yang lebih baik, diharapkan tahanan dan narapidana dapat lebih aktif dan partisipatif dalam proses hukum yang mereka hadapi sehingga tidak jatuh kelubang yang sama.

Kepala Rutan Buntok melalui Kasubsi Yantah menyampaikan penyuluhan hukum ini menjadi langkah positif dalam mendukung pembinaan di Rutan Buntok. Diharapkan kegiatan serupa akan terus dilakukan secara berkala untuk menjaga pemahaman hukum Warga Binaan Pemasyarakatan dan memberikan dukungan yang lebih baik dalam proses peradilan.

Pewarta : Sawalun.DL. Humas CBN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button