PORTAL DAERAH

“Sigap” Pj Bupati Barsel Tinjau Karhutla Di Desa Babai Kecamatan Karau Kuala.

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Pejabat (Pj) Bapati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalteng DR.H Deddy Winarwan.S.STP, M.Si meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa Babai Kecamatan Karau Kuala
Rabu.6 / 9 / 2023.

Pj Bupati bersama Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala BPBD, Kapala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas BPM-Des, Plt Dinas Pendidikan, Camat Karau Kuala melihat langsung lokasi Karhutla yang terjadi dibelakang desa Babai.

Adapun areal lahan yang terbakar sekitar 5 ( Lima) hektar dan api sudah dapat dipadamkan oleh warga sekitar pukul 03.30 WIB subuh, dengan alat pemedaman seadanya milik warga.
Pada saat Karhutla.api terbagi menjadi dua arah,satu arah menuju kehutan / perkebunan rotan warga dan yang satunya lagi menuju kepemukiman warga.Dengan sikap gotong royong nya warga untuk memadamkan api serta alat seadanya, api berhasil dipadamkan warga.

Pj Bupati H.Deddy Winarwan pada kesempatan meninjau lokasi Karhutla.sekaligus bersilaturrahmi dengan masyarakat desa Babai dan menyerahkan bantuan mesin pompa serta slang pemadam, memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu dan juga memberikan makanan tambahan untuk ibu hamil, balita, dan anak Stunting.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Barsel menyampaikan sambutan nya mengucapakn terima kasih atas sambutan seluruh masyarakat atas kunjungan ini,sehingga bisa bersilaturrahmi dengan warga desa Babai.

Kunjungan ini adalah sebagai bentuk sinergitas Pemkab dengan masyarakat,dimana kunjungan ini dilakukan bukan hanya untuk meyerap aspirasi masyarakat saja, tetapi juga untuk lebih mempererat tali silaturrahim antar Pemda dengan masyarakat.

“Saya juga menghimbau kepada kita semua saat ini kita telah memasuki musim kemarau khususnya masyarakat Barsel agar menjaga dan memperhatikan masalah kebakaran dan pembakaran lahan dan pekarangan, agar tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan sehingga bisa berdampak fatal dan merugikan kita semua baik material maupun financial ” Ucap nya H.Deddy Winarwan.

Pj Bupati menambahkan ” Tidak cuma material atau financial kita dirugika karena Kathutla, kesehatan yang ditimbulkan oleh kabut asap, gangguan penyakit Ispa, termasuk hambatan Transportasi perhubungan udara maupun darat, akibat terbatas jarak pandang dikarnakan kabut asap “.

Pj Bupati juga mengajak warga untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat, salah satunya adalah Stunting.
Sebab angka Prevalensi Stunting Kab.Barsel berada pada kategori tinggi.

” Dalam rangka percepatan penurunan angka Stunting, Pemkab Barsel membentuk tim Gugus Tugas Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting Terintegrasi ” tutup nya Pj Bupati.

Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button