PORTAL DAERAH

Koperasi nomontang Dan limbah yang merusak kebun warga Desa Buyandi

Boltim – COBRA BHAYANGKARA NEWS
..

Sebuah koperasi pertambangan yang berpusat di Kabupaten Boltim Propinsi Sulawesi utara.. di duga tidak mengontrol aliran limbah yang melewati sungai kecil,, hingga terjadi hujan lebat, limbah terbawa air besar dan menimbun lahan perkebunan warga di desa buyandi yang tak jauh dari pusat koperasi tambang..31 mei 2023


Aktifitas pertambangan emas yang di kelola di bawah naungan payung hukum koperasi nomontang, di duga tidak menggunakan kaidah sistem pertambangan dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang di atur dalam undang2 minerba..
bagaimana tidak.. alih2 mengikuti aturan pengelolaan tambang pra dan paskah tambang yang benar,, justru yang terjadi malah lahan warga yang rusak serta mengalami kerugian yang cukup serius..

Informasi dan Keadaan ini langsung dipantau oleh awak media, di mana salah satu lahan warga di desa buyandi tertimbun aliran limbah yang turun dari ketinggian titik wilayah aktifitas tambang emas ini berlangsung..

Sesuai investigasi awak media ini minggu 28 mei 2023,, pemilik lahan bernama supriadi kawulusan saat di kunjungi di lahan miliknya yang sudah rusak parah, sangat kesal dengan kondisi lahan kebunnya,, di mana lahan perkebunan miliknya dengan luas kurang lebih 3 hektar tertimbun limbah setinggi kurang lebih 2 meter.. menurutnya ini adalah pelanggaran yang sangat fatal karna untuk lahan perkebunan miliknya tidak hanya di sebut rugi Tapi juga korban akibat kerusakan dari limbah yang begitu banyak menimbun lahan miliknya.. ‘jika tidak di beri solusi dan tanggung jawab oleh pihak koperasi pertambangan maka saya akan menempuh jalur hukum’ ungkapnya..

Setelah di konfirmasi kepada pihak koperasi, Sekretaris manajemen pihak koperasi menyampaikan (lewat via WA).. nanti para karyawan akan turun lapangan Pak..
Namun Hingga berita ini tayang belum ada jawaban perkembangan lanjutan tentang penanganan pihak koperasi nomontang terhadap kerusakan lahan warga tersebut..

(Pewarta”Irawan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button