PORTAL DAERAH

Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia IBI Ke- 72 Kabupaten Barsel.

BUNTOK-COBRA BHAYANGKARA NEWS

Dalam rangka memperingati HUT IBI Ke-72 Tahun 2023 Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng) sesuai dengan komitmen Bidan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia mengambil tema ” Satukan Langkah Dalam Transfaransi Kesehatan Untuk Pengutan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti ” yang di selenggarakan di Gedung Pertemuan Umum ( GPU) Jaro Pirarahan Buntok.Senin 28/ 8/ 2023.

Hadir pada acara HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ke-72 Pj Bupati Dr.H Deddy Winarwan.S.STP, M.Si beserta Sektetaris Daerah (Sekda), Unsur Forkopimda, Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkab Barsel, Pengurus serta Anggota IBI Kab.Barsel.

Bidan ada sebagai wanita terpercaya dalam mendampingi dan menolong ibu melahirkan.
Peran bidan di masyarakat sangat dihargai dan dihormati karena tugasnya yang sangat mulia,memberi semangat, membesarkan hati dan mendampingi serta menolong ibu melahirkan sampai dengan merawat bayi dengan baik.

Pj Bupati Dr.H Deddy Winarwan.S.STP, M.Si saat meyampaikan sambutannya pada puncak HUT IBI ” Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkah dan ridho-Nya sehingga kita pada pagi hari ini dapat bersama-sama hadir dalam acara Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ke-72 Tahun 2023 Kab.Barsel,”.

Bidan dapat bekerja mandiri melakukan pelayanan kebidanan primer sesuai dengan kewenangnya dan menentukan perlunya dilakukan rujukan. Disamping itu,peran didalam pelayanan kolaboratif sebagai mitra dalam pelayanan medis terhadap ibu, bayi dan anak serta, sebagai anggota tim kesehatan dalam pelayanan kesehatan keluarga dan masyarakat.

H.Deddy menambahkan ” Saya kira saat ini, yang menjadi PR besar kita di Barsel adalah mencegah Stunting, 6 (Enam) fokus utama yang harus kita kerjakan yaitu memberi obat tambah darah (FE) ibu hamil minimal 90 tablet selama kehamilan, ibu yang sedang hamil harus mengikuti kelas ibu hamil 4 (Empat) kali selama kehamilan,membawa balitanya ke posyandu untuk memantau tumbuh kembangnya, PMBA
(Pemberian Makanan Tambahan Balita),” Ucap nya Pj Bupati.

” Dan juga Jamban yang sehat dan cuci tangan pakai sabun (CTPS), dari 6 fokus utama kita ini ada 2 (Dua) yang dikerjakan bidan yaitu, Pemberian Tablet FE, dan untuk kelas ibu ada 4(Empat) lainnya yang terintegrasi dengam program kesehatan lainnya.Dalam persalinan ibu yang melahirkan minimal ada 4 (Empat) tangan dua orang bidan yang harus difasilitasi kesehatan,” pungkas nya H.Deddy Winarwan.

Ia menambahkan ” Dengan peran bidan saya berharap,harapan hidup dan angka kematian bayi maupun ibu yang melahirkan tetus menurun dan bisa ditekan.Tetapi tentu memang tidak semua bertumpu pada bidan,karena kematian bayi atau ibu melahirkan banyak faktor penentunya bukan hanya aspek lersalinan tetapi juga mulai dari asupan gizi ibu hamil kemudian juga kesehatan lingkungan dan ini yang paling sulit,” tegas nya Pj Bupati.

“Harapan saya, IBI Barsel bisa terus berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mulai dari sebulan kehamilan, kehamilan, persalinan, nifas, dan kesehatan anak,”.

Mengakhiri sambutan nya H.Deddy Winarwan mengucapkan ” Saya mengucapkan selamat atas HUT IBI Ke-72 dan atas nama Pemkab Barsel mengucapkan terima kasih atas semua darma bakti bidan di wilayah Kab.Barsel yang turut membangun derajat kesehatan masyarakat,” tutup nya.

Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button