PORTAL DAERAH

Pj Bupati Barsel H.Deddy Winarwan Instruksikan Gedung LABKESDA Segera Beroperasi.

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Dr.H Deddy Winarwan
melihat dan meninjau langsung Gedung Laboratorium Kesehat Daerah (Labkesda) guna mengecek dan mengetahui keadaan sarana prasarana Labkesda yang selama ini kurang efektif.
Rabu, 05/06/2024.

Pj Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Purwanto, Asisten I bapak Yoga P Utomo, Asisten II Rahmat Nuryadin, Asisten III Mirwansyah serta Kepala Bappeda Jaya Wardawa dan Kepala Insfektorat Barsel.

Setelah melihat secara langsung dan melihat keadaan Gedung Labkesda Pj Bupati Barsel mengadakan Rapat Koordinasi (Rakoor) bersama Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan (Barsel) beserta jajarannya dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok beserta jajarannya guna mendengarkan paparan dan strategis apa agar Gedung Labkesda bisa optimal dan berpungsi kembali agar dapat membantu masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

H.Deddy Winarwan menegaskan agar Gedung Labkesda besok sudah bisa berpungsi dan optimal kembali walau pun dengan cara yang sederhana sarana dan prasarana keadaan saat ini pelayanannya sudah harus berjalan, misalnya untuk cek Golong Darah, Kolestrol, Gula Darah agar gedung Labkesda bisa berpungsi.

Saat usai Rakoor H.Deddy Winarwan mengatakan kepada awak media,kegiatan kita siang hari ini, kita mengadakan rapat koordinasi untuk pengoprasionalan gedung Labkesda bersama Sekda, Asisten I, II, dan III memberikan arahan dan bimbingan kepada Kadis Kesehatan dan jajaran termasuk dari pihak Rumah Sakit dan UPTD Pukesmas maupun Kepala UPT Labkesda untuk segera mengoprasionalkan Labkesda ini.

“Lakesda ini akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, walaupun kita ada keterbatasan SDM dan keterbatasan Anggaran tidak menjadi
alasannya tidak berpungsi”, ucap H.Deddy.

Pj Bupati mengatakan minimal Lakesda bisa melakukan pelayanan dasar yang sederhana dahulu Berjalan dengan waktu kita juga akan berkoordinasi dengan Kemenpan RB maupun dengan BKN untuk mengadakan P3K maupun PNS dan kita minta juga prioritas untuk tenaga kesehatan termasuk jajaran tenaga kesehatan di Lakesda.

“Nanti kita akan anggarkan di APBD Perubanhan untuk penambahan alat-alat yang dibutuhkan untuk oprasional”,

Ia juga menambakan bahwa Labkesda ini telah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan RI dan sudah bisa beroprasional, kemudian Labkesda ini sudah ada SOP nya dan sudah diisi pejabat yang baik dari struktural, baik Kepala Labkesda nya maupun pejabat-pejabat fungsional lainnya.

“Tinggal bagaimana kita melengkapi saran prasarananya, kemudian kita lengkapi pariasi atau macam-macam ragam pelayanannya termasuk kita berikan juga dukungan anggaran”, kata Pj Bupati.

Pada kesempatan yang sama Sekda selaku Ketua tim anggaran juga menyampaikan, berkenaan dengan penyedian Sarpas yang masih barangkali belum ada terpenuhi, Insyaallah melalui anggaran perubahan atau anggaran 2025 kami dari tim anggaran akan mempersiapkan.

“Karena ini berkaitan denagn pelayanan publik. Selain pelayanan juga Labkesda ini akan berkontribusi kepada PAD, karena sudah ada Perda berkaitan denagn tarib untuk memberikan pelayanan”, imbuh Sekda

“Salah satu contoh, misal nya cek darah berapa rupiah nanti uang itu akan masuk ke kas daerah”, ujar Sekda

Plt. Kepala Dinas Kesehatan juga mengatakan pada prinsif nya saya sangat berterimakasih atas dukungan dari bapak Pj Bupati, Sekda, dan seluruh Asisten serta OPD untuk mengaktifkan kembali oprasional Lakesda.

Plt. Kadis Kesehatan juga mengatakan untuk menunjang pelayanan semaksimal mungkin untuk masyarakat dan meningkata PAD dari Labkesda Dinkes.
” Nanti kami akan mempelajari retibusi nya yang mana kita bisa untuk menunjang PAD, yang pasti kita harus berada didalam regulasi”. pungkas Plt Ka.Dinkes.

Pewarta : Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button