Uncategorized

Pemkab Barsel Lepas Jemaah Calon Haji(JCH) Bertolak Ke Banjarmasin.

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Sebanyak 150 orang jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dilepas atau diberangkatkan dari halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok, Minggu 19 Mei 2024 pagi. Pelepasan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Barito Selatan melalui Asisten III Setda Barito Selatan Mirwansyah dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Barito Selatan, Wakil Ketua DPRD dan anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan dan sejumlah Kepala Dinas, tokoh agama serta undangan lainnya.

Disamping itu, ribuan keluarga jamaah ikut mengantarkan tamu Allah tersebut yang memenuhi halaman Masjid Agung. Isak tangis dan haru pecah dalam pengantaran jemaah calon haji tersebut. Tangisan pecah dari keluarga jamaah haji maupun jamaah haji yang berangkat. Lambaian tangan dan tangisan mengiringi keberangkatan bis jamaah calon haji Barito Selatan.

H. Deddy Winarwan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Barito Selatan Mirwansyah mengatakan, betapa besar rasa syukur, suka cita dan haru di dalam hati kita, karena pada hari ini, kita semua kembali menyaksikan dan melepas keberangkatan para calon tamu Allah untuk melaksanakan ibadah haji menuju tanah Suci Makkah al-Mukarramah.

“Pada saat ini, bapak-ibu saudara sekalian semua telah menjadi orang-orang yang dipilih oleh Allah, dipanggil untuk berhaji. Jika panggilan-Nya telah tiba, maka tidak seorangpun mampu menolaknya, demikian pula sebaliknya”, ujar H. Deddy.

Ditambahkan Pj. Bupati, karena itu diharapkan agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut : Mantapkan hati dan satukan niat untuk beribadah hanya semata-mata karena Allah. Tunaikan Rukun Islam ini sesuai syariat. Berlomba-lombalah berbuat kebaikan. Hindari perkataan kotor, berselisih paham, jauhi sifat sombong, iri dan dengki, tidak kikir tetapi jangan pula berlaku boros.

“Selain sebagai tamu Allah, bapak dan ibu saudara sekalian juga sebagai tamu dari suatu Negara, karena itu jadilah tamu yang terhormat, tunjukkan sikap dan sifat ramah, santun, jaga martabat bangsa Indonesia khususnya nama baik Kabupaten Barito Selatan. Saya menghimbau kepada Jamaah Calon Haji Barito Selatan, untuk senantiasa menjaga kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan sempurna”, ujarnya.

“Saya juga menititipkan pesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji, yakni untuk memanjatkan do’a, do’a untuk diri dan keluarganya, serta do’a agar daerah kita Barito Selatan, senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT, aman, tenteram, serta dijauhkan dari segala musibah dan bencana”, ucap Pj. Bupati.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan H. Arbaja melalui Sekretaris Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan H. Suriansyah dalam laporannya mengatakan jamaah haji Indonesia berjumlah 241.000 jemaah calon haji. Sementara kuota haji Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 1.688 calon jemaah haji dan kota Kabupaten kota Haji Kabupaten Barito Selatan setelah istithaah kesehatan dan visa haji bio Saudi menjadi 150 orang calon jemaah haji terdiri dari 69 laki-laki dan 81 orang perempuan. Terdiri dari Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 64 orang, Kecamatan Dusun Utara sebayak 2 orang, Kecamatan Dusun Hilir 25 orang, Kecamatan Karau Kuala 38 orang, Kecamatan Jenamas 7 orang dan Kecamatan Gunung bintang Awai 14.

Jamaah calon haji tertua atas nama Sirun usia 79 tahun dan jamaah termuda atas nama Adelia Dewi Nur Yaman binti Abdurrahman dari Desa Babai Kecamatan Karau Kuala umur 23 tahun.

Jamaah Kabupaten Barito Selatan berada pada gelombang pertama kloter 7 embarkasi Banjarmasin tergabung dengan jamaah calon haji Kabupaten Murung Raya, Pulang Pisau dan Seruyan berjumlah 325 orang. Masuk asrama haji Minggu 19 Mei 2024 pukul 22.00 Wita. Keberangkatan menuju tanah suci Senin, 20 Mei 2024 pada pukul 21.15 Wita. Pemulangan ke tanah air Senin, 1 Juli 2024 pukul 20.10 Wita. Tiba di Buntok, Selasa 2 Juli 2024 pukul 15 30 Wita.

Pewarta : Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button