PORTAL DAERAH

Mahasiswa dan Siswa SMA Mendapatkan Pelatihan Jurnalistik

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Sebanyak 100 peserta dari Mahasiswa sampai pelajar SMAN Sederajat mengikuti pelatihan jurnalistik yang diprakarsai oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang berlangsung di Aula Kemenag Barito Selatan, pada hari Selasa 21 November 2023, dengan pemateri dari SMSI Kalteng dan SMSI Barsel.

Sekretaris SMSI Kalteng Irwansyah, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, SMSI Barito Selatan berdasarkan data kami merupakan salah satu kabupaten yang aktif melakukan kegiatan.

Pelatihan ini ujarnya, sangat baik sekali terutama bagi adik-adik siswa dan mahasiswa. Sebab dengan kemajuan teknologi saat ini bahwa informasi itu berada di ujung jari kita. Artinya orang tidak lagi duduk membaca koran menonton TV, tapi informasi itu ada di HP kita masing-masing yang kita pegang.

“Cuma pada dasarnya adik-adik juga harus mengerti apakah yang disampaikan itu produk jurnalis atau bukan. Karena sangat tipis sekali perbedaan antara produk jurnalis dengan yang bukan produk jurnalis. Untuk menjadi jurnalis berkualitas itu memang tidak mudah, butuh waktu dan pengalaman serta pelatihan-pelatihan, artinya harus kita pelajari dari bawah tidak serta-merta bisa menjadi wartawan. Memang harus dari dasar sekali kita memulainya. Oleh sebab itu diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh”, ujarnya.

Dikatakan Irwansyah, seiring dengan dipindahkannya ibukota negara kita ke Kalimantan Timur, bisa menjadi peluang bagi adik-adik untuk menjadi jurnalis yang handal, dan terjun di dunia jurnalis itu sangat besar peluangnya. Karena hanya jurnalis yang bisa dekat dan mudah duduk ngobrol serta duduk berdampingan dengan para pejabat, baik itu Bupati, Gubernur. Menteri-menteri bahkan Presiden sekalipun.

“Sekalipun adik-adik nantinya bisa menjadi seorang pengusaha atau profesi lainnya belum tentu bisa duduk ngobrol berdampingan dengan para pejabat tersebut, tapi wartawan bisa dengan mudah untuk akses ke situ”, tutup Irwansyah.

Sebelumnya Ketua SMSI Barsel Muhammad Hamdan.SH mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan SMSI Barsel dimana untuk diketahui SMSI Barito Selatan baru berusia 3 tahun. Alhamdulillah kegiatannya sudah cukup banyak dan kami minta doa juga kepada adik-adik peserta agar kami bisa menjalankan tugas dengan baik dan kedepannya semoga SMSI Barsel bisa jaya lagi.

“Adapun tujuan daripada kegiatan pelatihan jurnalistik ini adalah dalam rangka lebih memperkenalkan SMSI ini di masyarakat khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa yang ada di Barito Selatan, dan juga dalam rangka lebih memperkenalkan jurnalistik Itu apa sih sebenarnya”, ujar Hamdan.

Harapan kami tambah Hamdan, karena kabupaten kita adalah salah satu daerah penyangga ibukota baru atau IKN di Kalimantan Timur tentu akan banyak membawa perubahan-perubahan, dan harapan kami nanti akan lahirlah jurnalis-jurnalis handal dan profesional, karena tentu banyak media-media besar.

“Maka harapan kami adik-adik paling tidak ini adalah salah satu tangga kalian untuk menggapai pekerjaan yang sesuai atau lebih baik. Adapun peserta yang kami sebar ke sekolah-sekolah perguruan tinggi yang ada di Barsel untuk mengikuti pelatihan jurnalistik ini sebanyak 100 orang dari mahasiswa dan siswa “, tutup Hamdam.

Pewarta : Sawalun.DL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button