PORTAL DAERAH

Sebuah dilema “Antara kebutuhan umat dan kepentingan sesaat

Tanggul – COBRA BHAYANGKARA NEWS

jember Melihat sebuah perjuangan tak lekat dari sebuah pengorbanan yang besar baik secara jiwa raga maupun harta .
Mewakafkan diri secara fisik adalah sebagai wujud jihad dijalan Allah ,(tanggul selasa.17 /10/2023(

Mewakafkan harta untuk sebuah perjuangan juga dinilai sebagai jihad. namun terkadang mewakafkan harta dalam sebuah perjuangan masih ada yang menyalahgunakan wewenang dan kuasanya..

Menilik dari sebuah Kantor NU tanggul kini sedikit demi sedikit beralihfungsi menjadi tempat perekonomian umat. Disatu sisi harta yg berupa Tanah wakaf yang pada awalnya diwakafkan untuk kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan serta sosial kini beralihfungsi menjadi lembaga pendidikan MANU

Lambat laun karena beberapa Hal Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama tutup yang kemudian pula berdiri lah BMT nuansa Umat, sekarang berkembang kabar kantor MWC NU tersebut akan juga direnovasi tuk dijadikan BUMNU.

Fari beberapa peralihan fungsi ini kiranya secara etika sosial dan syariat Islam yang mengatur tentang akad wakaf kiranya tidak akan memunculkan persoalan. Karena fungsi tanah dan bangunan sudah bergeser dari akad nadzir selalu orang yg mewakafkan tanah nya Yang awal adalah sebagai tempat bertemunya umat untuk membahas berbagai persoalan kini berubah menjadi lumbung perekonomian.

Perlu kiranya berpikir jernih dahulu dalam mengambil sebuah keputusan sekiranya tidak mengurangi pahala bagi nadzir yang mewakafkan tanahnya.
Beberapa spekulasi bermunculan dikalangan NU tanggul ada yang menyayangkan ada pula yang mensupportnya.
Namun terlepas dari semua itu ada yang menggelitik dari penulis kiranya dengan berdirinya BMTNU dan BUMNU yang sudah jelas memamakai tanah wakaf, ini untuk kepentingan segelintir oknum apa memang betul-betul untuk kemaslahatan umat bil khusus warga NU tanggul.

Ditempat terpisah, Semoga masih ada tempat untuk semua kader NU untuk berkonsolidasi dan berasawaja ria.
Jangan sampai kepentingan sementara ini akan menjadi bumerang bagi kader NU dikemudian hari.
Akhirnya semua fasilitas digedung NU akan beralihfungsi.

Pewrt//Rudy

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button