PORTAL DAERAH

Memberikan bantuan sarana dan prasarana sekaligus Pelatihan Tehnik Budi Daya Padi Dan Penyerahan Bantuan Peralatan Pertanian

BONDOWOSO, COBRA BHAYANGKARA NEWS

Bertempat di kediaman kades, hari ini kamis (10/08/2023) pemerintah desa Sumber Jeruk kecamatan Jambesari Darus Sholah kabupaten Bondowoso Jawa-timur menggelar pelatihan tehnik budi daya padi dan penyerahan bantuan peralatan pertanian.

Acara dibuka langsung oleh kades Sumber jeruk Wa’id. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tehnik budidaya padi sawah dan penyerahan bantuan peralatan pertanian ini bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2023

hasil musdes tahun 2022 kemarin yang mana pengajuan dari masyarakat petani lebih banyak membutuhkan bantuan peralatan pertanian secara merata.

Adapun untuk pelatihannya bertujuan untuk mengenalkan teknik budidaya padi secara optimal sehingga hasil yang diperoleh menggembirakan dan berhasil membangkitkan antusiasme petani untuk melakukan budidaya lebih lanjut pada skala yang lebih luas.

Maka dari itu untuk menunjang kebutuhan petani, desa juga menyalurkan bantuan pemberdayaan berupa peralatan pertanian kepada 237 petani didesa Sumber Jeruk,” ujar Wa’id.

disamping itu kades Wa’id juga memaparkan bantuan berupa 3,3 ton bibit padi sawah, osrok padi sebanyak 200 biji, 1 unit mesin sedot air, PH meter ( pengukur keazaman tanah ), 2 unit bor duduk, 1 unit senso, 1 las listrik.

saya berharap bantuan ini bermanfaat sesuai kebutuhan petani dan benar- benar digunakan semaksimal mungkin, guna mengurangi beban petani dan meningkatkan hasil produksi tanaman sehingga meningkat juga ekonomi petani kedepannya,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan camat Jambesari melalui kasipem menyatakan bahwa di anggaran dana desa (DD) ada ruang untuk pemerintah desa membantu masyarakat melalui pemberdayaan, baik itu pelatihan maupun bantuan peralatan pertanian seperti yang digelar hari ini.

Semoga pelatihan ini menambah wawasan petani tentang tehnik menanam yang benar. Dan semoga juga bantuan peralatan pertanian tepat sasaran sehingga bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan petani desa Sumber Jeruk,” pungkasnya.

turut hadir dalam acara tersebut, Camat Jambesari atau yang mewakili ( Kasipem ), perwakilan BPP maskuning, PPL desa, pendamping desa, babinsa dan babinkamtibmas desa Sumber Jeruk serta undangan petani sekaligus penerima bantuan.

acara pelatihan tehnik budidaya padi dan penyerahan peralatan pertanian berjalan lancar sampai selesai.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button