PORTAL POLRES

Jelang Hari Raya Idul Fitrih , Polres Malinau Melakukan Sidak Ke Pasar Tradisional Malinau.

MALINAU – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., didampingi Kapolsek Malinau Kota AKP Najamuddin, S.AP., M.M., Kapolsek Malinau Barat IPDA Dedi Priyanto S.AP., dan PS. Kasubsi PIDM Si Humas Polres Malinau AIPDA Subandi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) disejumlah Pasar Tradisional yang berada di perkotaan Malinau, Jum’at (7/4).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memastikan dan menjamin ketersedian kebutuhan bahan pokok di wilayah Kabupaten Malinau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dan dalam rangka melakukan rutinitas yang dilakukan setiap minggunya oleh Polres Malinau beserta jajaran Polsek untuk mendengarkan keluh kesah dari masyarakat pada program Jum’at Curhat terutama bagi pelayanan yang sudah di berikan.

Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., disela-sela pelaksanaan sidaknya mengatakan, kedatangannya ke sejumlah pasar-pasar ini untuk meninjau kondisi pasar saat bulan Ramadhan guna memantau situasi Kamtibmas, selain itu ia juga ingin memastikan kesiapan pasokan kebutuhan pokok di pasaran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Pada momen Jum’at Curhat ini, kami kembali melakukan silaturahmi bersama masyarakat yang pada pelaksanaanya hari ini dilakukan di sejumlah pasar. Selain itu, sidak kali ini juga berfokus pada persediaan, pendistribusian hingga harga sembako,” kata Andreas

Dalam sidaknya, Kapolres Malinau juga mengecek harga dan menanyakan terkait distribusi barang. Setelah pihaknya menanyakan dan mengecek langsung, dinyatakan stok pangan aman hingga lebaran nanti.

“Dari hasil pengecekan sementara ini, untuk harga atau ketersediaan kebutuhan pokok sementara masih dalam keadaan aman dan tersedia. Kedepan, melalui Satgas Pangan Polres Malinau yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah juga akan melakukan sidak untuk memastikan benar-benar tersedia jelang lebaran nanti,” tambah Andreas

Dalam dialognya dengan para pedagang yang berada di lokasi tersebut, Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., juga membuka ruang tanya jawab serta masukan dari masyarakat tentang pelaksanaan tugas Kepolisian ataupun tentang Kamtibmas diwilayah tersebut yang pada dialognya dengan Ibu Ani dan Bapak Darwis, Kapolres Malinau tidak mendapati keluh kesah di bidang Kamtibmas dan masyarakat masih dapat melakukan jual beli secara rutin dan lancar.

“Sementara ini stok dan ketersedian tercukupi pak Kapolres dan harga masih relatif sama, ya kami juga bersukur saat ini situasi di pasar induk ini relatif aman tidak ada gesekan antar pedagang. Kami juga sering menjumpai personel Polisi patroli disini yang dalam satu hari selalu ada, inysa allah aman pak ketersediaan bahan pokok sampai lebaran nanti,” kata Ani saat dimintai keterangan pada momen Jum’at Curhat bersama Kapolres Malinau.

Lanjutnya, Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., juga menghimbau masyarakat agar jangan sampai ada permainan harga maupun ketersediaan stok. Ia juga mengatakan bahwa akan terus melakukan pemeriksaan dan pengawasan secara berkelanjutan di pasar-pasar tradisional maupun di pertokoan yang ada di wilayah Kabupaten Malinau sehingga tidak ada upaya-upaya penimbunan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, dalam mengantisipasi kejahatan konvensional, Kapolres Malinau juga turut memberikan himbauan kepada masyarakat pengunjung pasar, baik penjual atau pembeli agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Jangan memakai perhiasan secara berlebihan yang dapat memancing timbulnya niat dari para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya, terlebih tingkat kejahatan bila memasuki ataupun pada saat bulan Ramadhan itu meningkat, jadi saya minta masyarakat tetap waspada dan harus bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri,” himbaunya

Terakhir, melalui Satgas Pangan Polres Malinau yang bekerjasama dengan instansi terkait, Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., mengungkapan bahwa pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan di sejumlah pasar maupun pertokoan untuk memastikan makanan dan minuman layak konsumsi menjelang Hari Raya IdulFitri 1444 Hijriah.

Pewarta: Jauhari Efendi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button