PORTAL DAERAH

Rapat Kordinasi Pasca Banjir Bandang Dan Tanah Longsor Diwilayah Kabupaten Lahat.R

LAHAT_COBRA BHAYANGKARA NEWS

Kebutuhan Air Bersih Dan Bahan Pokok Makanan Kesehatan Menjadi Yang Sangat Dibutuhkan Masyarakat Korban pasca banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Lahat.

Hal ini disampaikan saat Rapat Koordinasi Bencana bersama di Ruang Opertion Room Pemerintah Kabupaten Lahat, Selasa (14/3/2023).

Hadir dalam rapat tersebut Bupati Lahat yang di wakili Wakil Bupati H. Haryanto, SE, MM, M. Ba, Kapolres Lahat AKBP S Kunto Hartono, S.ik, MT, Dandim 0405/Lahat Letkol Toni Oki Priyono, S.ip, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Reynaldo Tobing, SH, MH, Kajari Lahat yang diwakili Kasubsi Intel Noval , Kepala OPD dan Seluruh Camat.

Camat Kota Lahat Gemris Palo mengungkapkan saat ini diwilayah Kecamatan Lahat ada 344 Kepala Keluraga yang membutuhkan makanan.

“Untuk yang membutuhkan yaitu warga di Kelurahan Kota Negara, Kota Jaya, dan Pasar Bawah karena wilayah ini lah yang terdampak banjir,” Ungkapnya.

Sedangkan untuk pasokan listrik sejauh ini sudah bisa tidak ada masalah begitu juga beberapa fasilitas umum dan rumah warga sudah bersih.

“Listrik kan sudah menyala yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah beras,” Ungkapnya.

Selanjutnya untuk wilayah Kecamatan Pulau Pinang yang mana ada dua Desa yang parah Kondisinya, Aria Pulun selaku Camat mendata ada 77 rumah yang rusak akibat banjir bandang.

Kurangnya sarana air bersih masih menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Desa Lubuk Sepang dan Tanjung Sirih

“Mobil Damkar dan PDAM sudah stanby tapi masih kurang,” Jelasnya.

Untuk kondisi saat ini, warga di takutkan dengan wabah malaria yang akan menyerang warga, untuk itu diharapkan pemerintah memberikan bantuan selimut dan kelambu ataupun jika perlu dilakukan pemyemprotan.

Selanjutnya Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, M. Ba mengungkapkan data yang dibawa haruslah akurat hingga nantinya tepat sasaran.

Untuk hal yang sangat dibutuhkan seperti air dan bahan makanan jika saat tiba bantuan segera dibagikan ke masyarakat secara teratur.

Pemerintah Kabupaten Lahat saat ini membagi rencana banjir ini dalam tiga tahap yaitu rencana jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Apa yang menjadi kebutuhan tambahan disetiap Kecamatan segera disusulkan agar bisa segera di realisasikan,” Pesan H. Haryanto.

Haryanto berpesan agar seluruh para Camat selaku kepanjangan tangan dari Pemerintah dibantu TNI-POLRI dan para Relawan bersatu membantu para korban bencana banjir bandang Di Wilayah Kabupaten Lahat Yang Terdampak Musibah Bencana Alam.

Perwarta” Mujiyono,

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button