PORTAL DAERAH

Rapat koordinasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Buntok – COBRA BHAYANGKARA NEWS

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab-Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Barito Selatan (Barsel) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) tentang persiapan Implementasi Smart City dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral. Dilaksanakan di Aula Setda pada hari Kamis, 22/02/2024.

Giat rapat koordinasi dibuka oleh Asisten III Administrasi Umum Setda Barsel Mirwansyah didampingi Plt.Kepala Diskominfo Mario Aan dan Kepala Bidang (Kabid) Informatika, Persandian dan Statistik Pahmi Mintaraga yang dihadiri seluruh OPD lingkup Pemkab Barsel.

Dalam upaya terus mendorong kemajuan dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Persiapan Implementasi Smart City dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pencapaian, kendala, serta mempersiapkan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Berdasarkan hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan meraih point sebesar 3.19 dengan predikat BAIK, yang mana pada Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan masih berada pada predikat CUKUP, dengan nilai 2,37 Point dan pencapaian ini menempatkan Kabupaten Barito Selatan pada peringkat I di Level Provinsi Kalimantan Tengah dalam implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam kegiatan rapat koordinasi kali ini dibahas beberapa hal, diantaranya :

  1. Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE):
    a. Tinjauan kinerja sistem yang sedang berjalan.
    b. Identifikasi perbaikan dan peningkatan yang diperlukan.
    c. Rencana pengembangan dan peningkatan keamanan data.
  2. Persiapan Implementasi Smart City:
    a. Persiapan proyek-proyek Dimensi smart city yang telah direncanakan.
    b. Penentuan langkah-langkah implementasi.
    c. Keterlibatan masyarakat dalam proses implementasi.
  3. Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Pemerintah:
    a. Tinjauan kualitas dan akurasi data statistik yang telah dihasilkan.
    b. Peningkatan metode pengumpulan dan analisis data.
    c. Penyusunan rencana aksi untuk meningkatkan penyelenggaraan statistik sektoral.

Dalam kesempatan ini, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Selatan Mario Aan menjelaskan, Rapat pada hari ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan inovasi dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta mempersiapkan Kabupaten Barito Selatan untuk menjadi lebih responsif terhadap tuntutan perkembangan zaman.

“Alhamdulilah Rakor kita hari ini berjalan dengan harapan, dimana kawan-kawan OPD kita antusias untuk menyampaikan saran pendapat maupun kendala yang dihadapi mereka, tadi juga ada permintaan rapat-rapat seperti ini tentang SPBE, Smart City agar diselenggarakan secara rutin” ucap Mario Aan kepada awak media.

Ia menambahkan kami secara prinsip siap akan memfasilitasi karena 3 (tiga) kegiatan ini SPBE, Smart City, Statistik Sektoral pada ujungnya nanti untuk peningkatan pelayanan publik dan memang semakin mendekatkan kehadiran Pemerintah ditengah-tengah masyarakat.

Pewarta : Sawalun.DL.
Humas CBN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button