PORTAL KEBAKARAN

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat).

Banyuwangi Cobra_Bhayangkaranews.co.id


Satu pos pemadam kebakaran (damkar) baru. Penambahan pos baru yang berlokasi di Kecamatan Srono itu dimaksudkan untuk mempercepat penanganan kebakaran di wilayah kecamatan setempat serta beberapa kecamatan lain di sekitarnya.

Penambahan pos kali ini menambah daftar pos yang sudah dimiliki Dinas Damkarmat Banyuwangi. Tepatnya, dari dua pos menjadi tiga pos atau sektor. Tiga sektor dimaksud meliputi Sektor Banyuwangi Kota, Sektor Genteng, dan Sektor Srono.

Khusus di Sektor Srono, Dinas Damkarmat Banyuwangi menyiapkan dua unit mobil damkar dan sejumlah peralatan penyelamatan. Sektor tersebut akan mencakup wilayah Kecamatan Srono, Muncar, Cluring, Tegaldlimo, hingga Purwoharjo.

Sekretaris Dinas Damkarmat Banyuwangi Gatot Suyono mengatakan, penambahan sektor atau pos damkar tersebut merupakan hasil pertimbangan pihak instansi yang resmi terbentuk awal 2022 tersebut. Penambahan tersebut dimaksudkan sebagai upaya mempercepat penanganan insiden kebakaran dan penyelamatan kepada masyarakat. ”Pertimbangannya karena lokasi Kecamatan Srono dinilai lebih strategis dalam menjangkau wilayah lainnya sehingga ketika terjadi kebakaran tidak sampai 10 menit bisa teratasi,” ujarnya kemarin (16/1/2023).

Gatot menyebutkan, selain menangani insiden kebakaran, Sektor Srono juga membantu penyelamatan. Sehingga, bukan hanya dua unit damkar yang disiapkan melainkan juga sejumlah peralatan untuk penyelamatan. ”Kami lengkapi peralatan penyelamatan untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan apa pun,” terangnya.

Gatot menambahkan, Dinas Damkarmat Banyuwangi terus berupaya menambah sektor di seluruh wilayah. Ditargetkan ada tujuh pos Damkarmat untuk mempermudah penanganan. ”Dari tujuh yang kami targetkan, sudah tiga pos yang terealisasi. Tinggal empat pos yang masih dalam proses karena kurangnya sumber daya manusia (SDM) maupun peralatan yang akan ditempatkan di pos-pos tersebut,” pungkasnya.

(cip)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button