PORTAL DAERAH

Ratusan Warga Blambangan Ikuti Napak Tilas Kerajaan Macan Putih Peringati Hari Jadi Banyuwangi ke 251.

Banyuwangi, Cobra_Bhayangkaranews.co.id
Personil Koramil 0825/14 Kabat bersama Panitia Harjaba Kecamatan Kabat sibuk menyiapkan gelaran napak tilas Kerajaan Blambangan, dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi ke-251, pada Sabtu (24 Desember 2022). Dengan Rute jalur sejauh kurang lebih 5 Km dengan keberangkatan dari Situs Petilasan Prabu Tawangalun di Desa Gombolirang melewati Desa Benelan Lor menuju Desa Bunder.

Kegiatan ini di hadiri Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Festiandini dan Warga Blambangan. Juga diikuti oleh siswa SD untuk mempelajari kembali kisah sejarah dari Kerajaan Blambangan, dengan mendengarkan kisah Prabu Tawangalun dan melihat langsung petilasan yang ada di Desa Gombolirang.

Bupati Ipuk menyebut bahwa kegiatan tersebut sangat saklar digelar, Napak tilas ini untuk memberikan dan mengajak anak muda agar mereka tetap mengenal sejarah Banyuwangi. Perlu mengajak mereka untuk menelusuri bekas kejayaan berdirinya bangunan peninggalan Kerajaan Blambangan seperti Petilasan Prabu Tawangalun ini,” kata Ipuk.

Danramil 0825/14 Kabat Kapten Kav Makali yang mewakili Dandim 0825/Banyuwangi menyampaikan selain untuk mengenang sejarah nilai perjuangan Kerajaan Macan Putih saat dipimpin Prabu Tawang Alun pada kurun waktu 1655-1691 Masehi. Ibu kota Kerajaan Blambangan ini berdiri pada abad ke-13 dan runtuh pada abad ke-18. Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu terakhir di Pulau Jawa dan daerah pertama yang menganut Islam. kegiatan ini juga dapat mengundang wisatawan lokal maupun manca negara melalui wisata sejarah.

Sementara itu Kapten Kav Makali juga menyampikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar di Kecamatan Kabat dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi. Kegiatan tersebut digelar untuk menelusuri sejarah kejayaan Kerajaan Blambangan yang berpusat di wilayah Kecamatan Kabat.

( KOKO )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button