PORTAL DAERAH

Pendopo kecamatan Cluring, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang ambruk, belum di ketahui penyebab nya.

Banyuwangi, Cobra_bhayangkaranews.co.id
Pendopo kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang senilai Rp. 185 juta rupiah, pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 mendadak ambruk pada pukul 23 : 30 WIB.hingga kini belum di ketahui penyebabnya dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Namun menurut Camat Cluring, Henri Suhartono, saat awak media Cobra_Bhayangkaranews.co.id konfirmasi Senin, 26 Desember 2022 menyatakan kemungkinan Robohnya Bangunan Pendopo tersebut disebabkan Faktor Alam, akibat Hujan yang mengguyur dan Angin Kencang yang menerpa Wilayah Kecamatan Cluring.

“Kemungkinan Robohnya dikarenakan Faktor Alam. Karena mulai Sore sudah terjadi Hujan dan berdasarkan Laporan Petugas Jaga, bahwa Malam hari tetep Hujan yang disertai Angin Kencang. Dan Pembangunan itu sudah Delapan Tahun, mulai Tahun 2015 samapi hari ini belum ada Perawatan,” Ungkap Camat Cluring, Henri Suhartono.

Hal senada juga disampaikan Danang Hartanto, ST, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Kabupaten Banyuwangi, ketika dikonfirmasi, Danang membenarkan kalau Pekerjaan Pembangunan Pendopo Kecamatan Cluring itu pada Tahun 2015 dan Faktor Robohnya karena Faktor Alam.

“Ada beberapa kemungkinan, Cuaca Ektrim beberapa waktu yang lalu dan ada Kebocoran yang mengakibatkan Korosi disambungan dan Mur/Baut,” Ungkapnya.

“Karena untuk Pelayanan segera dianggarkan,” Tambahnya.

Sementara itu, Hal berbeda yang disampaikan oleh Ficky Septalinda, SE, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi, Ketika disinggung Pihak yang bertanggung jawab terhadap Robohnya Bangunan Pendopo Kecamatan Cluring tersebut, dengan Tegas Ficky menyatakan.
“Yang bertanggung jawab yang jelas Pemerintahan Daerah,” Tegas Ficky.
“Saya Konfirmasi di Dinas Anggaran itu Tahun 2015. Dan itu Kerangkanya Gavalun, cuma Gentengnya pakai Karang Pilang. Seharunya juga pakai Genteng yang ringan. Saya sudah Konfirmasi ke Dinas memang itu Pekerjaan 2015,” Imbuhnya.
“Harapan Kami kepada semua Dinas, kalau Speknya pakai Kerangka ya Atapnya jangan pakai Genteng Karang Pilang. Karena Bebannya sangat Berat. Jangan sampai ada lagi Kejadian Bangunan yang Roboh seperti Pendopo yang ada di Kecamatan Cluring,” Harap Ficky Septalinda, SE, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi, dalam Pesannya.

( KOKO )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button